Halaman

Sabtu, 05 Juni 2010

Online Shopping

Heiya... aakhirnya kesampaian juga buat nulis lagi. Sesuai judulnya, kali ini gue akan ngomongin soal online shopping. Here we go..
Akhir-akhir ini gue dan keluarga gue, khususnya kakak pertama gue yang baru lahiran itu, lagi rajin-rajinnya online shopping. Mungkin beberapa dari kalian yang baca udah tahu apa itu online shopping. Tapi gue akan memberikan penjelasan untuk yang belum tahu apa itu online shopping. Online shopping, menurut dr. Latifah Yulia, Sp.BA, adalah berbelanja, layaknya belanja biasa, namun anda belanja melalui internet. Biasanya kalian harus tahu barang apa yang mau kalian cari. Kalau sudah menetapkan mau beli buku, misalnya, kalian harus tahu buku apa yang kalian cari. Lalu kalian tinggal buka online shop yang menjual buku. Kalau kalian mau beli figure action, kalian juga bisa buka online shop yang menjual figure action. Setelah mendapatkan barang yang kalian inginkan, kalian bisa melihat bagaimana cari pemesanan dan pembayarannya, karena beberapa online shop berbeda satu dengan lainnya. Ada yang harus jadi member dulu. Ada yang tinggal sms ke suatu nomor. Ada yang mesti kirim message (buat online shop yang ada di jejaring sosial). Ada yang mesti kirim email. dan banyak lagi macamnya.
Untuk yang mempunyai masalah dengan harga, contohnya gue, inilah salah satu yang gue suka dari online shopping, kalian bisa cari online shop lainnya yang harganya sesuai kantong. Setelah memesan biasanya kalian akan diberi konfirmasi berapa total biayanya setelah ongkos kirim. Yaa... ongkos kirimnya nggak mahal-mahal amat kok. sebanding lah..
Setelah itu kalian bisa pilih pembayarannya (hanya untuk beberapa online shops). Bisa COD (Cash On Delivery), yaitu kalian bayar saat barangnya sampai di rumah kalian, sama kayak kalau kalian delivery MCD. Ada yang transfer. Ada juga yang pakai pay pal. Kalau gue sih prefer COD sama transfer dibanding pay pal. Kalau pakai pay pal, untuk buat akun pay palnya kalian harus punya kredit card yang biasanya tidak dimiliki oleh anak sekolah. Setelah itu kalian tinggal ongkang-ongkang kaki di rumah menunggu barang yang kalian pesan sampai di rumah.
Well, dari yang tadi udah gue sampaikan, gue mau menyimpulkan 5 hal kelebihan online shop:
1. Kalian nggak usah capek-capek bolak-balik keluar satu toko ke toko lain atau satu mal ke mal lain. Kalaubarang yang kalian cari nggak ada ya tinggal tutup aja jendela browser yang menampilkan online shop itu, cari ke online shop lainnya.
2. Kalian bisa belanja sambil tidur-tiduran di depan laptop sambil browsing yang lain.
3. Untuk beberapa online shop memberikan diskon untuk barang-barangnya. Misalkan kayak kemarin gue beli buku yang sebenarnya harganya di Gramedia itu Rp45.000,00, tapi gue bisa dapat dengan harga Rp37.000,00. Mungkin kalau kalian belinya cuma satu nggak akan kerasa diskonnya, karena ketutup onkos kirim. Akan tetapi kalau kalian belinya banyak, pasti bakalan kerasa murahnya. Banyaknya juga nggak harus itu aja, kayak di pasar grosir. Banyak jenisnya juga bisa. Bahkan, untuk beberapa online shop menggratiskan ongkos kirim kalau kalian belanja diatas batas yang mereka tetapkan.
4. Terhindar dari membeli barang yang tidak kalian cari. Pernah nggak sih kalian ngomongnya mau beli baju di ITC misalnya terus ngelihat ada sepetu bagus dan langsung membelinya tanpa berpikir sebenarnya kalian juga nggak perlu-perlu amat sama sepatu? Hayo jujur... gue rasa sih hampir setiap cewek bisa kayak gitu. Nah, keuntungannya online shop, kalian nggak mungkin bisa kayak yang gue sebutin diatas. Secara gitu ya, kalian udah menetapkan akan membeli apa.
5. Beberapa online shop bisa mengcostumize barang pesanan kita sesuai yang kita mau. Biasanya yang kayak gini tuh adanya di online shop sepatu. Misalnya kita naksir berat nih sepatu X. Tapi yang di gambarnya tinggi heelsnya 15 cm. Kita yang nggak bisa pakai heels setinggi itu nggak haru minder dulu, coba cek deh keterangan yang diberikan si penjual, apakah kita bisa mengcostumizenya atau nggak, kerena pasti kalau kita bisa mengcostumize sesuai keinginan kita si penjual sudah menyantumkannya.
Oke, mungkin dari kalian akan bertanya-tanya, websitenya online shop dan apakah kita tidak gambling beronline shopping? Untuk yang wbsitenya online shop kalian bisa lihat di jejaring sosial kalian atau nggak bisa searching pakai search engine. Terus saran gue biar nggak tertipu sama online shop, sebelum memesan kalian bisa lihat comment orang-orang mengenai online shop. Online shop biasanya menampilkan comment yang berisi compliment untuk meyakinkan pelanggan bahwa online shop ini terpercaya.
Well.. gue rasa itu ajadeh. selamat beronline shopping!!! Gue mau lihat-lihat wedges dulu yaa di online shop!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Template by Suck My Lolly - Background Image by TotallySevere.com